3 Resiko Utama Saat Menggunakan Kawat Gigi Bagi Kesehatan Mulut

3 Resiko Utama Saat Menggunakan Kawat Gigi Bagi Kesehatan Mulut

Sebelum memutuskan untuk tidak menggunakan behel, pertama – tama kita harus memahami dulu cara kerja behel tersebut. Pada dasarnya, cara kerja behel adalah memberikan tekanan lembut pada gigi, sehingga mendorong gigi pada posisi yang lebih sesuai atau lebih sejajar dengan gigi lainnya.

Berikut resiko saat menggunakan kawat gigi/behel bagi kesehatan mulut ;

Ada beberapa alasan mengapa seseorang bisa merasa enggan memasang behel di giginya, yaitu karena beberapa faktor resiko yang mungkin timbul. Resiko tersebut adalah sebagai berikut:
1. Behel berbahan logam bisa membahayakan sistem imunitas tubuh


Ketika menaruh dua bahan logam yang berbeda di dalam mulit, hal itu bisa memicu arus listri yang mengganggu arus listrik alami di dalam tubuh kita. Behel gaya tradisional memang menggunakan logam campuran untuk proses pembuatannya yang artinya terbuat dari beberapa macam logam. Resiko kedua adalah bahan logam bisa membuat bakteri yang ada di mulut berubah menjadi bakteri yang memproduksi racun yang membahayakan tubuh. Bakteri tersebut bisa menyebabkan berkembangnya penyakit autoimun yang sekarang banyak ditemukan seperti multiple sklerosis, arthritis dan fibromyalgia.

Baca Juga ;
10 Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami Dengan Cepat dan Permanen
Cara Ampuh Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Yang Sudah Lama Secara Alami
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dalam waktu 1 - 3 Hari Secara Alami

2. Behel sulit dibersihkan

Kegiatan membersihkan gigi dan mulut akan menjadi tantangan tersendiri jika menggunakan behel tradisional yang menjepit gigi dengan kuat. Karena tidak bisdilepas, maka pemakai behel seringkali bingung untuk menggosok, menggunakan dental floss, atau menggunakan cara lain untuk membersihkan makanan yang menyangkut di logam behel. Walaupun telah banyak sikat khusus pembersih behel, namun rasanya tetap sulit untuk memastikan gigi benar – benar bersih.


3. Behel bisa beresiko infeksi dan terasa sakit

Karena cara kerjanya yang menjepit kuat, bisa saja gusi atau bagian dalam mulut akan terasa sakit, tidak nyaman atau bahkan mengalami luka. Luka yang dialami ini akan agak sulit diobati dengan adanya pemasangan behel di gigi. Jika tidak diobati dengan tuntas tentunya infeksi akan muncul dan menyulitkan perawatan gigi Anda.

Itulah 3 bahaya dan resiko penting dalam penggunaan kawat gigi/behel bagi kesehatan mulut anda. Jika kalian tetap akan menggunakan kawat gigi / behel. Maka datanglah ke dokter gigi yang terpercaya dan pilihlah bahan yang berkualitas untuk kawat giginya.
Previous
Next Post »

Popular Posts