10 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan alami - Apakah kamu mengalami radang tenggorokan ? Faringitis atau sakit tenggorokan dapat disebabkan karena infeksi bakteri dan virus seperti pada kasus pilek.

Secara alamiah, kekebalan tubuh terhadap sakit tenggorokan baru terbentuk ketika kita dewasa, sehingga umumnya penyakit satu ini banyak menyerang pada anak-anak dan remaja.

Sakit tenggorokan sangat menganggu sekali, terutama ketika kita makan.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan


Sebetulnya sakit tenggorokan yang kamu alami akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-4 hari tanpa konsumsi obat.



Namun apabila gejala yang muncul sangat menganggu aktivitas, berikut ada beberapa tips cara mengatasi sakit tenggorokan yang bisa kamu coba ;

1. Minum banyak air putih

Cara mengatasi sakit tenggorokan yang pertama adalah minum air putih. Kalian harus memperbanyak konsumsi air putih. Idealnya para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi air putih minimal 2-3 liter sehari.

Selain dapat membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh, konsumsi banyak air putih juga dapat mencegah dehidrasi akibat radang tenggorokan.

2. Perbanyak istirahat (tidur cukup, kurangi aktifitas fisik, hindari capek)

Pada dasarnya radang tenggorokan akan sembuh sendiri seiringan dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh salah satunya kamu bisa memperbanyak istirahat.

Ingat, istirahat tidak hanya tidur saja. Kamu juga harus mengurangi aktivitas fisik seperti bekerja lembur dan olahraga agar tubuh tidak kecapekan. Karena jika tubuh kecapekan, sistem kekebalan akan kembali drop sehingga radang semakin parah.

3. Berhenti merokok atau menghirup asap rokok

Sudah banyak kasus tumor tenggorokan yang diakibatkan oleh rokok. Dari tahun ke tahun angka penderita tumor tenggorokan ini meningkat tajam. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat hampir 60 % penderita tumor tenggorokan berasal dari pecandu rokok.

Gejala awal tumor tenggorokan sendiri salah satunya adalah peradangan. Oleh sebab itu, sebelum terlambat lebih baik cobalah untuk berhenti merokok mulai saat ini juga.



4. Sirup Obat Batuk

Bagi sebagian besar orang Indonesia yang mengalami sakit tenggorokan, sirup obat batuk merupakan salah satu pilihan yang paling sering digunakan untuk mengatasinya. Tak heran jika ada banyak merek sirup obat batuk yang beredar dengan berbagai rasa dan memang terbukti dapat meredakan sakit tenggorokan. Namun perlu diingat, mekipun begitu, sirup obat batuk hanya meredakan sementara. Gejala anda mungkin tak mustahil akan kambuh lagi setelah efek sirup tersebut mereda. Selain itu, tak jarang efek dari sirup obat batuk ini mempengaruhi kinerja anda seperti rasa kantuk dan kewaspadaan mental.

5. Sup Ayam

Cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang paling sering digunakan bagi sebagian besar orang untuk mengatasi sakit tenggorokan sejak zaman dulu. Menurut para ahli, kandungan sodium dalam kaldu memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk tenggorokan. Selain itu, sup ayam merupakan makanan yang sempurna untuk dikonsumsi ketika sakit terutama ketika tenggorokan terasa terlalu sakit atau bengkak. Dengan semangkuk sup ini, anda akan melengkapi tubuh anda dengan nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

6. Teh

Teh adalah salah satu minuman yang paling familiar yang dinikmati hampir di seluruh negara di dunia. Untuk masalah tenggorokan, teh juga dapat membantu mengatasinya, terutama teh herbal. Teh jenis ini dapat dibuat langsung dengan menggunakan teh hijau, teh hitam atau teh lainnya yang mengandung antioksidan penting ntuk meningkatkan kekuatan dan sstem kekebalan tubuh. Bisa juga dengan menambahkan sedikit perasan lemon atau madu untuk pasokan nutrisi yang lebih baik bagi tubuh anda. Satu hal lagi, teh hijau ternyata terbukti efektif dalam menjada rongga mulut anda tetap segar serta dapat menjaga kulit anda lebih mulus dan ternutrisi.

7. Kumur air garam

Solusi mudah buatan sendiri ini sangat baik untuk sakit tenggorokan. Hal ini sangat simple untuk dilakukan karena anda hanya tinggal mencampur air hangat dengan sesendok garam dapur. Meskipun rasanya memang sangat asin bahkan ketika anda telah selesai berkumur dan membuang air kumur anda, namun cara ini terbilang cukup efektif. Untuk melawan rasa asin agar tidak terlalu membuat anda tak nyaman, anda dapat menambahkan sedikit madu supaya rasanya lebih manis. Namun pastikan bahwa setelah berkumur cairan tersebut, anda segera meludahkan semuanya sesegera mungkin.

8. Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan minuman populer di Indonesia khususnya di Jawa. Jika wedang jahe dan teh dikombinasikan, maka akan dapat membantu untuk menghilangkan radang tenggorokan. Caranya, siapkan seruas jahe dan rebus hingga mendidih, hasil rebusan jahe ini kemudian digunakan untuk membuat teh. Wah, tak heran mengapa beberapa obat batuk memiliki varian rasa jahe, ya.

9. Daun Kemangi

Umumnya, daun kemangi digunakan di warteg pinggir jalan untuk disajikan sebagai lalapan bersama sambal dan ayam goreng. Namun kali ini, daun kemangi tidak hanya bisa dinikmati sebagai santapan saja. Daun kemangi dipercaya dapat mengatasi radang tenggorokan. Caranya juga terbilang mudah, cukup rebus beberapa daun kemangi hingga mendidih dan minum air rebusan itu sebagai penangkal sakit tenggorokan.





10. Permen pelega radang tenggorokan atau es batu

Sekarang ini banyak sekali bermunculan permen yang dibuat khusus untuk melegakan tenggorokan. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam rasa permen sesuai dengan selera. Ada rasa stroberi, rasa jeruk, dan bahkan mint.

Isap permen pelega tenggorokan tersebut untuk mengatasi peradangan. Namun apabila tidak punya uang untuk membeli permen, kamu bisa mengisap es batu untuk mengurangi nyeri akibat efek peradangan.

Itulah cara mengatasi sakit tenggorokan. Lakukan cara tersebut secara rutin.
Semoga informasi diatas bisa membantu.


Sumber referensi : cantikitu.comtop10magz.com.

Previous
Next Post »

Popular Posts