Cara Mengatasi Rambut Mengembang yang Kering Menjadi Lurus Secara Alami

Mengatasi Rambut Mengembang yang Kering Menjadi Lurus Secara Alami - Siapa yang tidak merasa terganggu jika memiliki rambut yang mengembang ? pasti rata-rata setiap orang merasa terganggu dengan keadaan tersebut, terutama bagi pria.
Maka kali ini saya akan memberikan beberapa tips cara mengatasi rambut yang mengembang bagi pria dan wanita. Cara ini sebaiknya dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, karena jika hanya melakukan cara ini satu kali saja itu tidak akan memberikan hasil apapun.
Jadi lakukan cara-cara ini secara rutin.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang yang Kering Menjadi Lurus Secara Alami

Inilah 12 Cara Mengatasi Rambut Mengembang yang Kering Menjadi Lurus;


1. Kebiasaan Keramas

Periksa lagi kebiasaan Anda keramas, apakah terlalu sering? Mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan kelembaban alami rambut, karena sampo bisa membuat rambut kering. Manfaat mencuci rambut setiap hari hanya untuk rambut yang benar – benar kotor, misalnya karena tertutup helm setiap hari, berketombe, atau berkutu. Pilih sampo yang bebas sulfat, tapi mengandung glycerin yang bisa membantu menutrisi rambut dari akar dan mencegah rambut patah.

2. Pakai Shampo Khusus Rambut Kering 

Beberapa orang mendapati rambut mereka mengembang karena salah memakai shampo. Jika kamu salah satunya, segera ganti shampo kamu dengan shampo yang mengandung Vitamin E atau shampo yang mengandung madu. Atau, pilih shampo dengan label Anti-Frizz. Shampo berlabel Anti-Frizz sengaja dibuat untuk mengatasi rambut mengembang.

3. Pakai Kondisioner Rambut

Cara mengatasi rambut mengembang yang selanjutnya adalah dengan kondisioner. Gunakan kondisioner rambut setelah keramas. Oleskan pada batang rambut dan jangan sampai mengenai kulit kepala. Diamkan selama sepuluh menit, dan bilas hingga benar-benar bersih.

4. Pilih Stylist Yang Cocok

Rambut yang mengembang bisa diatasi dengan cara yang tepat dalam menatanya, yaitu dimulai dari potongan rambut yang cocok dan mengurangi kesan mengembang pada rambut. Memotong rambut memerlukan kecocokan dan stylist yang handal agar hasilnya sesuai harapan. Stylist yang kurang handal atau kurang memiliki pengetahuan untuk menata berbagai jenis rambut kemungkinan besar tidak bisa menata rambut mengembang Anda dengan baik. Salah – salah, potongan rambut yang disarankan malah membuat rambut tampak tidak karuan. Tidak perlu salon yang mahal untuk menemukan stylist yang sesuai dengan kriteria ini, karena tetap ada kemungkinan di salon biasa pun memiliki stylist yang handal.

5. Potong Rambut Teratur

Walaupun tidak mengganti model rambut, tetapi pastikan Anda memotong ujung rambut sebanyak beberapa centimeter setiap 6 hingga 8 minggu sekali untuk meminimalisir kemungkinan penyebab rambut bercabang. Pilih potongan model layer panjang yang dimulai dari tulang pipi dan lanjut ke arah bawah rambut untuk memberi kesan rambut lebih tipis. Jangan potong rambut terlalu pendek jika rambut Anda adalah jenis yang mengembang dan keriting. Potongan pendek justru akan membuat rambut makin sulit diatur, terlebih lagi ketika mulai tumbuh biasanya rambut akan tampak mencuat ke segala arah.

6. Gunakan Bahan-bahan Alami 

Banyak bahan-bahan alami di sekitar kita yang bisa kita gunakan untuk mengatasi rambut mengembang. Bahan-bahan ini cukup mudah di dapat, dan cara pemakaiannya pun sederhana. Bahan-bahan ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk masker rambut.


  • Susu Murni 


Susu murni tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga baik untuk menutrisi rambut. Cara mengaplikasikan susu murni ini cukup mudah. Setelah keramas seperti biasa, gunakan susu murni sebagai pengganti kondisioner dengan mengoleskannya dari pangkal hingga ujung rambut. Tunggu satu jam, dan bilas hingga bersih.


  • Mayones 


Siapa bilang mayones hanya untuk pelengkap makanan di meja? Produk ini mengandung banyak protein yang baik untuk rambut, membuat rambut tampak lebih tebal dan berkilau alami. Gunakan mayones sebagai masker rambut selama satu jam seminggu sekali.


  • Madu 


Sudah bukan rahasia lagi kalau madu merupakan bahan yang sangat berguna untuk kecantikan, baik itu untuk kulit maupun untuk rambut. Rambut yang dimasker madu tidak akan mudah mengembang karena madu melembabkan dan menghaluskan rambut. Gunakan madu sebagai masker rambut setelah keramas, diamkan tiga puluh menit dan bilas hingga bersih. Gunakan minimal setiap seminggu sekali.


  • Lidah Buaya 


Selain mayones, madu, dan susu murni, kamu juga bisa memakai gel lidah buaya untuk menjaga keindahan rambutmu. Lidah buaya dapat memperbaiki kerusakan rambut, menghitamkan, melembabkan, dan mempertebal rambutmu.


  • Minyak Wijen


Minyak wijen juga baik untuk merawat rambut singamu. Caranya, campurkan minyak wijen tiga sendok makan dengan jahe parut dan oleskan pada kepala. Biarkan lima menit, bilas bersih, lakukan minimal sekali seminggu.


  • Minyak Zaitun 


Minyak zaitun sudah terkenal dengan khasiatnya untuk kecantikan. Gunakan minyak zaitun sebelum mencuci rambut, oleskan hingga merata dan diamkan selama setengah jam. Setelah 30 menit cuci rambut seperti biasa hingga bersih sampai minyak tidak tersisa agar tidak lepek.

7. Keringkan Rambut Dengan Benar

Cara yang benar untuk mengeringkan rambut bukan dengan menggosok – gosokkan handuk ke rambut. Bila Anda melakukan itu, rambut justru akan menjadi kasar dan beresiko pecah – pecah. Keringkan dengan cara menepuk – nepuk handuk ke rambut sampai lumayan kering, lalu biarkan terkena udara agar kering alami.

8. Gunakan Alat Catok

Jika digunakan terlalu sering, alat catok rambut memang bisa menyebabkan rambut menjadi rusak, merah, bercabang dan kering. Semua itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakannya seperlunya saja.  Manfaat catok rambut bagi rambut mengembang adalah catok bisa menjadi cara cepat untuk menata rambut bila Anda sedang tidak punya banyak waktu. Ingatlah selalu oleskan serum rambut sebelum menggunakan alat catok untuk melindungi rambut.

9. Sisir Rambut

Untuk menyisir rambut yang mengembang, diperlukan sisir yang kokoh juga agar mampu menahan tekanan saat menyisir dan tidak mudah patah. Sisir rambut yang bergigi jarang baik untuk rambut mengembang.

10. Gunakan Produk Bebas Alkohol

Produk yang bebas alkohol sangat penting untuk masalah rambut mengembang, karena kandungan alkohol justru akan menjadi penyebab rambut kering dan rambut kering akan mudah sekali mengembang.

11. Jangan Ikat Rambutmu Saat Tidur

Waktu tidur adalah waktu saatnya rambutmu bernapas. Selain itu, mengikat rambutmu akan membuat rambutmu mengembang dan ikal saat kamu bangun tidur. Selain tidak mengikat rambut saat tidur, ada baiknya untuk mengurangi penggunaan alat-alat elektronik untuk menata rambut seperti catokan, setrika rambut, atau hair dryer. Dan jika mengikat rambut saat bepergian, hindari mengikat rambut terlalu kencang agar rambutmu tetap sehat.

12. Jangan Biarkan Rambutmu Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari 

Sebagai salah satu penyebab rambut mengembang dan kering, terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama merupakan hal yang harus sebisa mungkin dihindari saat berada di luar ruangan.


Itulah 12 cara mengatasi rambut yang mengembang, lakukanlah cara-cara diatas secara rutin agar memberikan hasil yang lebih maksimal pada rambut anda.
Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk kalian. Silahkan SHARE tips ini ke teman kalian, agar teman kalian merasakan manfaatnya juga.

0 Response to "Cara Mengatasi Rambut Mengembang yang Kering Menjadi Lurus Secara Alami"

Post a Comment

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel